Sabtu, 05 Maret 2016

EKOR BASAH PADA BABY MUSANG


Ekor basah pada musang yang masih kecil kerap kali menjadi permasalahan yang ditemui banyak muslov. Terutama bagi musang akar yang mempunyai ekor sedikit lebih panjang dari musang jenis lainya. Sangat sering ditemui ekor musang masuk ke dalam wadah kotoran di bawah kandang, sehingga menyebabkan ekor musang basah kuyup terkena pipis maupun kotoran musang. Ekor basah juga bisa menyebabkan musang menjadi kedinginan yang berbuntut panjang, dari hanya kedinginan, hingga mencret dan dapat menyebabkan kematian. Apalagi pada cuaca dingin, basah/kering nya ekor musang menjadi sangat berpengaruh bagi kesehatan musang.
TIPS AGAR EKOR MUSANG SELALU KERING
A. Cara yang kurang praktis
Membersihkan ekor musang setiap kali ekor musang menjadi basah. Hal tersebut berarti kita harus stand by terus menerut memantau kegiatan musang di dalam kandang. Karena ekor musang bisa basah setiap saat, baik dalam hitungan jam setelah ekor musang di bersihkan maupun hitungan menit. Tentunya Tips yang pertama ini sangat tidak cocok bagi muslov yang mempunyai kesibukan shg tidak bs memantau terus kegiatan musang di dalam kandang. Tips yang satu ini ialah suatu tindakan represif dimana dapat dilakukan ketika ekor musang sudah terlanjur basah.
B. Cara praktis
1. MENYEDIAKAN HAMMOCK DALAM KANDANG
Hammock ataupun ayunan yang dapat dipasang di dalam kandang sangat mempengaruhi apakah ekor musang akan cepat basah atau tidak. Karena dengan adanya hammock di dalam kandang, musang cenderung memilih untuk tidur atau diatas hammock daripada di lantai kandang. Hal tersebut dapat menghemat waktu kita untuk tidak selalu memantau kegiatan musang di dalam kandang melainkan sebagai tindakan persuasif yang sangat ampuh menghindarkan ekor basah pada musang.
2. MENYEDIAKAN PASIR DI WADAH KOTORAN MUSANG
Tips kedua ialah menaruh pasir di wadah kotoran musang di bawah kandang. Hal tersebut bertujuan agar ekor kotoran musang yang jatuh ke wadah dapat langsung terserap pasir, sehingga jika ada ekor musang yang masuk/jatuh ke dalam wadah kotoran tidak akan menyebabkan ekor tersebut menjadi basah. Hal ini juga bersifat represif yang artinya sebagai pencegahan. Untuk tips kedua ini disarankan memakai pasir yang paling kasar dengan butiran besar karena pasir yang terlalu halus dapat lebih mudah terhempas angin maupun menempel di ekor musang dan akan sangat berbahaya jika masuk ke dalam saluran pernapasan musang karena dapat menyebabkan kematian pada musang.
MENJAGA MUSANG TETAP HANGAT
Untuk bayi musang yang masih terlalu kecil maupun untuk musang sakit, menaruh bohlam lampu di sekitar kandang musang menjadi suatu yang tepat. Selain dapat menjaga menghangatkan tubuh musang, bohlam lampu jg dapat membantu mengerinkan tubuh musang yang basah. Untuk letak bohlam lampu sebaikny ditaruh di luar kandang/atas kandang tidak tersentuh secara langsung oleh musang namun tetap dalam jangkauan yang dapat memberikan kehangatan bagi musang.
So, apa yang akan kalian lakukan setelah membaca artikel ini? 😀😀



Tidak ada komentar:

Posting Komentar